STQ Tingkat Kecamatan Singkep Selatan ke-III di Desa Resang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Lensanews.co.id-Kalender tetap pada pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-III Kecamatan Singkep Selatan mengambil tema “Melalui STQ ke-III kita tingkatkan minat baca Al-Qur’an menuju generasi Qur’ani yang tangguh dan berahlaq mulia”.

STQ ke-III Kecamatan Singkep Selatan diawali dengan diadakannya pawai Ta’aruf oleh perwakilan dari Desa Marok Kecil, Desa Berhala dan Desa Resang. Kegiatan itu dilaksanakan pada Rabu (13/02/2019) Sore.

Untuk acara Seleksi Tilawatil Qur’an dilaksanakan di Desa Resang dan dibuka pada malam harinya. Pada malam pembukaan tersebut, dibacakan Kalam illahi oleh saritilawah Mereka yang merupakan ibu Wakil Bupati Lingga yang juga merupakan ketua GOW Kab. Lingga.

M. Sabirin S.IP Plt. Camat Singkep Selatan mengatakan pada penyampaian katanya, “Al-Qur’an merupakan petunjuk, baik untuk umat muslim juga buat umat non-muslim yang sudah terbukti di dunia, pembuktiannya sudah ada, dimana Al-Qur’an itu di teliti dan dikaji oleh orang-orang cerdik pandai yang non muslim dan disetarakan dengan hidup dan kehidupan di dunia”, ungkap sabirin.

Dilanjutinya, dengan STQ ini, mari kita belajar kembali memahami isi kandungan Al-Qur’an itu sendiri dan saya menghimbau agar dapat memberi pendidikan isi Al-Qur’an kepada masyarakat yang notabennya mayoritas beragama islam”, harap Abah, sapaan akrab Sabirin.

M. Nizar, S.Sos Wakil Bupati Lingga yang sekaligus ketua LPTQ Kab. Lingga menyebutkan pada penyampaian katanya, “terima kasih kepada Kecamatan Singkep Selatan yang telah mengemas kegiatan religius ini dengan sangat baik. Tentunya dengan harapan dapat berjalan lancar dan dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik yang akan diikutsertakan di STQ tingkat Kabupaten Lingga nanti. Terlebih lagi dari STQ ini kiranya agar dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Maksudnya, pelaksanaan STQ tidak hanya membaca dan dipertandingkan saja namun semestinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat ini kita memasuki tahun politik. Tentunya nuansa agamis itu perlu kita pertajamkan. jadi mari kita menjaga kebersihan hati sesuai dengan kandungan isi Al-Qur’an Nur Qarim itu sendiri”, urai Nizar lagi.

Dari pantauan media lensanews.co.id, pelaksanaan STQ ke-III se-Kecamatan Singkep Selatan ini dihadiri oleh anggota DPRD Prov. Kepri dapil. Bintan-Lingga Hanafi Ekra, Bagian Kesra. Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, para tokoh agama se-Singkep Selatan serta masyarakat Kecamatan Singkep Selatan pada umumnya. Pembukaan di laksanakan oleh Plt. Camat Singkep Selatan yang ditandai dengan penabuhan beduk secara bersama dan dilanjuti penyerahan piala bergilir juara umum STQ 2018 lalu yakni desa Resang yang diserahkan kembali kepada panitia LPTQ 2019. Pelaksanaan STQ ini akan berlangsung Selama 4 hari di balai Astaka Tok Lalak Desa Resang dengan 42 orang peserta.(atx)

Share.

Leave A Reply