Sidang Dakwaan Bongkar Modus Pengiriman TKI Ilegal di Pelabuhan Batam Center

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Keterangan foto : Efendi alias Mak Itam terseret kasus dugaan pengiriman TKI nonprodural. 

Lensanews.co.id-Efendi alias Mak Itam terseret kasus dugaan pengiriman TKI nonprodural. Terdakwa Efendi alias Mak itam di tangkap subdit. 1v Polda kepri. Saat diamankan kepolisian Polda. Kepri, ada 39 orang yang terdiri dari 22 laki-laki dan 17 perempuan beserta pasport.

Pihak berwajib mendapat info dari masyarakat adanya dugaan memberangkatkan pekerja migran Indonesia ke luar negeri dan dilakukan orang yang tidak memiliki badan usaha (perorangan) di pelabuhan Batam Center.

Di persidangan Pengadilan Negeri Batam, terdakwa bongkar modus cara pengiriman TKI ke negara Jiran Malaysia, Selasa (30/04/2019).

Efendi alias Mak itam bersama jaringannya Darmawan Hidayat dan Ahmadi merekrut langsung para calon TKI non-prosedural di pelabuhan Batam Center.

Berdasarkan keterangan terdakwa, mereka mengumpulkan langsung pasport para calon TKI untuk di berangkatkan ke Malaysia dengan biaya per-orang 3 juta sampai 7 juta rupiah. Adapun pekerja migran tersebut berasal dari berbagai daerah.

Efendi mengaku kepada hakim ketua Jasael dan ke 2 hakim anggota di PN Batam kalau dirinya bekerja sendiri dan tanpa perusahaan alias ilegal.

Terdakwa di jerat pasal 81 undang-undang No. 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Jo pasal 55 Ayat (1) ke -1 KUHP.

Penulis : Nuraliah

Editor : ihand

Share.

Leave A Reply