Resmikan Puskesmas Rejai, Nizar Dorong Peningkatan Sektor Kesehatan Di Lingga

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGA – Resmikan Puskesmas Rejai, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar mendorong peningkatan sektor kesehatan yang meliputi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan di Kabupaten Lingga menjadi lebih baik dan menciptakan Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkompeten dibidangnya dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di Kabupaten Lingga.

“Alhamdulillah, hari ini kita hadir bersama-sama dalam rangka meresmikan puskesmas yang menjadi harapan kita ini, tentunya harapan kita dengan adanya puskesmas ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal pada masyarakat khususnya masyarakat setempat,” kata Muhammad Nizar pada sambutannya saat meresmikan Puskesmas Rejai, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga, Jumat (25/9/2020).

Kedepan untuk menunjang operasional pelayanan kesehatan di Puskesmas Rejai ini, Nizar menjanjikan akan memberikan dua unit kendaraan roda tiga sebagai ambulance melalui APBD tahun 2021. Menurut Nizar, pemerintah daerah sangat memandang serius dan telah melakukan sejumlah upaya terkait pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

“Komitmen saya, Insya Allah untuk puskesmas yang sama kita harap-harapkan ini akan kita anggarkan 2 unit kaisar ambulance (motor roda tiga yang dimodifikasi layaknya ambulance) di tahun 2021. Walaupun, saya mengikuti calon Bupati dan akan cuti, namun pada pembahasan APBD tahun 2021 saya masih dapat berkomunikasi karena saya masih melanjutkan untuk jabatan saya sebagai Wakil Bupati, artinya APBD tahun 2021 saya masih terlibat disitu,” ungkap Nizar.

Lanjut Nizar, perlahan namun pasti di gugusan pulau Senayang ini telah banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah daerah bersama DPRD Kabupaten Lingga, tentunya perubahan dan kemajuan tersebut berkat dorongan keinginan masyarakat dan bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Lingga menjadi lebih baik kedepannya.

“Kita wajib bersyukur kepada Allah SWT sudah terlalu banyak nikmat dan rahmat yang telah dilimpahkanNYA kepada kita di gugusan pulau Senayang ini, mulai dari pemekaran kecamatan, pemekaran desa persiapan, penerangan listrik yang semula hanya 14 jam menjadi 24 jam terang benderang, air bersih yang saat ini sudah mengalir sampai kerumah dan saat ini telah hadir puskesmas disini untuk memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat di gugusan Pulau Senayang ini,” kata Nizar.

Nizar berharap kedepan, sektor kesehatan di Kabupaten Lingga dapat tumbuh lebih baik dalam memberikan pelayanan yang meliputi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan. Ia juga mengatakan jika pemerintah daerah telah mempersiapkan peningkatan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk masyarkat Kabupaten Lingga.

“Kami sudah berkomitmen kedepan salah satu RSUD yang ada di Kabupaten Lingga ini akan kita tingkatkan dari tipe D menjadi tipe C alasannya RSUD Dabo Singkep sudah selayaknya kita jadikan untuk rumah sakit rujukan di Kabupaten Lingga. Selain itu juga peningkatan SDM dengan memberikan beasiswa untuk 3 orang dokter umum yang diberikan beasiswa dari APBD melalui Dinas Kesehatan, yang Alhamdulillah satu orang yang lulus itu ada diwilayah gugusan pulau senanyang ini,” ungkap Nizar.

Hal tersebut dilakukan merupakan wujud hadirnya dan kepedulian pemerintah daerah terhadap bidang kesehatan di Kabupaten Lingga. Nizar berharap dan mengajak untuk dapat bersama-sama memberikan dorongan dan berkeinginan untuk memajukan Kabupaten Lingga menjadi lebih baik dimasa yang akan datang dengan segala sektor.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Mulkan, melaporkan jika Puskesmas Rejai telah dipersiapkan pelaksana tugas serta staff, dengan harapan dengan diresmikannya puskesmas ini dapat berjalan dengan maksimaldalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Tentunya Dinas Kesehatan akan memberikan dukungan terhadap kebutuhan puskesmas rejai, mudah-mudahan puskesmas ini dapat bergerak memberikan manfaat untuk masyarakat. Insya Allah di bulan Oktober kita akan mendatangkan dokter umum kontrak untuk di puskesmas rejai ini,” kata Mulkan

Lanjut Mulkan, untuk yang lainnya secara bertahap akan dilengkapi sesuai dengan kemampuan anggaran. Dinas Kesehatan juga akan secepatnya memperjuangkan agar puskesmas rejai segera di register.(red)

Share.

Leave A Reply