Korban Puting Beliung Desa Mensanak Terima Bantuan Dari Pemkab. Lingga

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

IL-Pemkab. Lingga melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan bantuan kepada korban puting beliung Desa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare. Bentuk kepedulian tersebut mendapatkan apresiasi dari pihak Kecamatan Katang Bidare.

“Terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Lingga yang dimotori oleh Bupati Lingga, H. Alias Wello atas bantuan yang diberikan kepada warga kami di Desa Mensanak Dusun I yang kemarin mendapat musibah angin puting beliung beberapa waktu lalu,” kata Sekretaris Camat Katang Bidare, Ardiyansyah, Selasa (08/01/2019).

Ada pun bantuan yang disampaikan kepada korban sesuai dengan SK Bupati Lingga, nomor 462/KPTS/XI/2018 tertanggal 16 November lalu. Bentuk bantuan itu, juga sudah dilakukan verifikasi di Dinas PUPR-PKP dengan dasar proposal yang masuk sebelumnya.

Penerima bantuan itu yakni, Uyub dengan total bantuan Rp10.658.000 dan Yusnan dengan bantuan Rp3.681.000. Keduanya merupakan warga Dusun I, Desa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare.

Mewakili Camat Katang Bidare, dia berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat, dan dimanfaatkan sebaik-baik mungkin para korban. “Dari camat menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lingga atas kepeduliannya terhadap masyarakat kami,” kata dia, meneruskan pesan Camat.

Namun atas semua musibah yang dilalui, mengingat wilayah Katang Bidare sangat rentan dengan bencana alam baik angin ribut dan gelombang tinggi, pihak kecamatan sedang memikirkan upaya bagaimana meminimalisir adanya korban selanjutnya.

Selain itu, penegasannya bukan hanya ini program bantuan bencana, yang telah dibantu dan dilakukan pihak kecamatan. Sebelumnya bantuan juga sudah diterima korban musibah alam, baik di Desa Benan, Mensanak mau pun Pulau Medang.

“Ada anggaran lain, anggaran lain dan dalam bentuk barang. Bantuan itu lebih dulu diterima beberapa korban pasca terjadi bencana,” kata dia.

Kecamatan juga memberikan apresiasi kepada gerak cepat BPBD Lingga yang siap sedia dirangkul bila mendengar adanya masyarakat terkena musibah. “Kami apresiasi sebaik mungkin menjalankan program cepat tanggap melaksanakan program Bapak Bupati,” lanjut Ardiansyah.

Sementara perihal bencana yang dirasakan beberapa warga di Desa Benan dan Pulau Medang, Ardiansyah menjelaskan akan segera diajukan untuk tahun anggaran ini. “Karena pencairan bantuan ini ada mekanismenya dari bawah sampai keluar SK Bupati baru bisa dicairkan. Kami tentunya akan menindaklanjuti secara maksimal,” ucap dia.(j)

Share.

Leave A Reply