Investor Muda Asal RRC Bakal Buka Industri Kabel di Lingga

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Lensanews.co.id- Dibukanya ruang untuk mempermudah pengurusan izin administrasi oleh Bupati Lingga, H. Alias Wello, S.IP., membuat para investor mulai hadir di Kabupaten Lingga. Kali ini rombongan pengusaha dari RRC dibawa langsung oleh H. Saptono Mustaqim yang merupakan mantan Wakil Bupati Lingga Periode 2005-2010, Sabtu (21/09/2019).

Konsultan rombongan para pengusaha dari RRC, Mr. Sucipto Hardianto menuturkan, “keinginan datang ke Lingga baru kali ini dapat terpenuhi dan keinginan kerja sama antara RRC dan Indonesia untuk membuka pangsa pasar akan terjalin. Hal ini tentunya untuk memacu pertumbuhan ekonomi di era industri globalisasi saat ini”, ungkap Sucipto yang berkewarganegaraan Belanda ini.

“Dengan adanya gesekan konflik antara Amerika dan RRC di bidang industri, dimana Amerika membatasi hasil industri RRC untuk bisa masuk ke Amerika, maka RRC mencari negara mitranya untuk meluaskan jaringan industrinya dan tibalah di Indonesia tepatnya di Kabupaten Lingga ini. Semula diarahkan di kota Batam, namun dikarenakan padatnya industri di kota tersebut maka masuklah kami ke Lingga”, terang Sucipto.

Adapun industri yang akan digerakkan untuk di bangun di Lingga ini diprioritaskan pada pembangunan industri perkabelan” ungkap Sucipto.

Lanjutnya, “dengan dibukanya akses industri di Lingga maka kedepannya peluang investasi lainnya seperti di bidang perkebunan dan peternakan juga akan diadakan di Lingga”.

Menurut Sucipto, “pembatasan penerimaan eksport oleh Amerika terhadap barang industri dari RRC tentunya membuka peluang kerja sama RRC dengan negara lain. Pemboikotan itu terhadap industri dari RRC sedangkan Amerika sendiri sangat banyak membutuhkan perkabelan itu, maka dengan adanya pembukaan kerja sama dengan negara Indonesia di prediksikan dapat memenuhi kebutuhan kabel di Amerika tersebut”.

Untuk kunjungan selama 3 hari ini Sucipto mengharapkan apa yang diinginkan oleh para investor ini akan terwujud. Begitu pula untuk investasi di bidang lainnya.”Pada kunjungan selama tiga hari ini para pengusaha ini akan meninjau beberapa dan tempat strategis lainnya untuk pembangunan industri dan juga untuk investasi yang lainnya, seperti di bidang perikanan dan perkebunan.

Sementara Bupati Lingga, Alias Wello, S.IP mengatakan, “dengan kunjungan ini kita harapkan agar dapat kiranya para pengusaha ini untuk berinvestasi di Lingga. Kita sudah mempersiapkan kebutuhan dan kemudahan untuk berinvestasi di Lingga. Kita memiliki enam ratus pulau dengan hampir lima ratus pulau masih kosong dimana terdapat kandungan mineral seperti, timah, pasir silika dan juga bauksit”, terang Awe sapaan akrab Bupati Lingga.

Kunjungan para investor China ini di bawah koordinator Mr. HO, ketua asosiasi pengusaha muda di RRC. Kunjungan dilakukan kebeberapa titik, diantaranya, ke lokasi tambak udang di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, sentra kelapa di Desa Resang, Kecamatan Singkep Barat. Sedangkan di Daik Lingga mereka mengunjungi daerah historis pariwisata Kesultanan Lingga dan beberapa pantai yang ada di Lingga serta sumber air bersih. Pada malam harinya, dilanjuti dengan presentasi tentang Sumber Daya Alam apa saja yang ada di Lingga melalui Bapeda Kab. Lingga.

Penulis : m.i.h

Editor : ihand

Share.

Leave A Reply