1Miliar Lebih Untuk Tambak Udang di 6 Desa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Lensanews.co.id-Dinas Perikanan (Diskan) Lingga, menggelontorkan hampir Rp 1 Miliar lebih untuk membuka tambak udang di 6 desa yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu. Pengerjaannya pun ditargetkan selesai akhir tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Perikanan Kab. Lingga, Kasiman melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya, Romy Subanu mengatakan, ke-6 desa yang dibuka tambak udang tersebut yakni, Desa Panggak Laut, Tinjul, Kudung, Sungai Pinang, Resun Pesisir dan Desa Sungai Besar.

“Semua lokasi luasnya sama, yaitu 2 x 1000 m2. Sekarang yang baru dikerjakan itu, di Tinjul dan Panggak Laut. Yang lainnya on progress, sekarang alat berat sudah standby di Sei Pinang,” ungkapnya, Rabu (28/08/2019).

Romy menjelaskan, setiap satu lokasi cetak tambak udang tersebut, biaya yang disiapkan yakni Rp 192 juta. Dengan begitu, jika 6 lokasi, anggaran yang digelontorkan sebesar Rp. 1 Miliar lebih, bersumber dari APBD Lingga 2019.

“Kalau untuk yang di Sungai Besar itu, tambaknya dibuka di lokasi baru, rencananya dekat pemukiman. Jadi bukan di lokasi tambak yang sudah ada sekarang ini,” ujarnya.

Dengan dibukanya tambak udang di 6 desa tersebut, ia berharap mampu tercapainya target produksi perikanan budidaya sebesar 108,27 ton/tahun di tahun 2021. Kemudian tercapainya sasaran pembangunan, yaitu meningkatnya taraf hidup petani dan nelayan (49,22 persen PDRB) pada tahun 2021.

Penulis : (Rz/m.i.h)

Editor : Ihand

Share.

Leave A Reply