71 Batang Ganja, 70.45 Gram Biji Ganja Serta 5 Orang Tersangka di Geret Satnarkoba Polres Lingga

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Keterangan foto : Kasat. Narkoba Polres Lingga AKP. Felix Mauk, SH

Lensanews.co.id – Jajaran satuan narkoba Kepolisian Resort Lingga di dampingi jajaran Polsek Daek Lingga melakukan pengamanan 5 orang tersangka narkoba jenis ganja dengan inisial pelaku. SF, SFR, STO, AR, AN dan DK.

Diterangkan Kapolres Lingga AKBP. Joko Adi Nugroho, S.I.K., M.T., pada Press Rilis di ruang Rupatama Mako Polres Lingga, ” pengamanan berawal dari penyelidikan Personil Satreskoba Polres Lingga selama lebih dari 20 hari, terhitung mulai tanggal 21 Agustus sampai dengan 9 September 2019 dengan sasaran peredaran gelap Narkotika jenis ganja di Daik Lingga, penyelidikan ini disasarkan pada salah satu kebun milik salah seorang tersangka inisial SF. Maka dilakukan pengembangan dan pengamanan terhadap 5 orang tersangka yang langsung dilakukan tes Urine. Adapun dari hasil tes Urine didapati ke 5 orang tersebut positif menggunakan narkoba, kata Kapolres.

Dilanjutinya, adapun tuntutan hukumannya pada Pasal Yang Dilanggar yaitu :
1. Pasal 114 ayat (1), ayat (2), pasal 111 ayat (1), ayat (2), junto Pasal 131 ayat (1) junto pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika

Sedangkan untuk Ancaman Hukuman yaitu :
1. Maksimal 20 tahun, minimal 4 tahun bagi pelaku pengedar narkotika.
2. Maksimal 4 tahun, minimal 1 tahun bagi pelaku penyalahgunaan narkotika, kata Kapolres Lingga lagi.

Mengenai kronologis pengamanan 5 orang tersangka pengguna narkotika jenis ganja ini di lanjuti oleh Kasat. narkoba AKP. Felix Mauk, SH., yang menyebutkan, “terduga setelah di lakukan penyelidikan oleh satuan narkoba di indikasikan ada penanaman narkoba jenis ganja di kebun milik SFR. Setelah penyelidikan baru tepat Tengah malam sekitar pukul 00.01 WIB yang langsung disaksikan RT setempat, dilakukan penggeledahan dan pengamanan terhadap saudara SF. pengeledahan dilaksanakan pada minggu malam Senin (09/09/2019) dan benar didapati adanya 71 batang ganja dan 70.45 gram biji ganja. Lalu dikembangkan asal usul didapat narkoba jenis ganja tersebut, kata Kasat Narkoba AKP. Felix Mauk, SH., yang didampingi Kabag. Ops. Kompol. Rusdwiantoro.

Diterangkan kasat narkoba, “saat penggeledahan jajaran Satuan Narkoba Kepolisian Resort Lingga dibantu Polsek Lingga mengamankan 5 orang terkait tanaman ganja yang nampaknya sengaja ditanam dirumahnya. Penanaman diperkirakan sudah berjalan selama 2 minggu, yang berada tidak jauh dari kantor Camat Lingga tepatnya di Jl. Cening Nereng Bukit Kuali Kel. Daik Lingga”, Ungkap Kasat Narkoba.

Dikatakannya, “dari ke 5 orang yang diamankan, masing-masing dari tempat yang berbeda sesuai keterangan tersangka yang pertama diamankan yakni saudara SF dan dilakukan penggeledahan pada rumah masing-masing tersangka. Dari penggeledahan ini tidak ditemukan barang bukti”, kata Felix.

Dari investigasi, didapati terkait 5 orang yang telah diamankan itu dikabarkan 3 orang adalah tenaga honorer di Pemkab. Lingga (Pemerintahan Kabupaten Lingga) dan 1 anggota disalah satu Lembaga yang ada di Lingga, 1 orang lagi dari pemuda tempatan”, jelas Felix lagi.

Felix menambahkan, setelah ini kita juga akan terus melakukan pengembangan terhadap tersangka lainnya”, tambahnya.

Penulis : Atx

Share.

Leave A Reply